Rabu, 21 Oktober 2009

TUGAS KONSEP SISTEM INFORMASI LANJUT

















SCM PADA PABRIK SEPATU


Diasumsikan bahwa pabrik sepatu yang dujadikan pemodelan scm ini adalah sepatu berbahan kain yang banyak dipakaii oleh mahasiswa dan pelajar.
Sebagai hulu dari scm sepatu ini,yaitu kain ,busa,benang dan karet. Masing-masing pemasok mengirimkan bahan baku memasing masing gudang penyimpanan bahan baku,mengngat sepatu bukanlah bahan yang memiliki batas waktu penyimpanan seperti makanan,maka penyimpanan bahan baku terasa aman bahkan perlu agar jika terjadi kendala pengiriman dari salah satu pemasok bahan baku, proses produksi tidak terhambat secara parah.
Setelah bahan baku masuk kedalam gudang, bahan baku tersebut masuk kedalam panrik untuk diolah & diproduksi sehingga sepatu layak pakai.setelah sepatu selesai diproduksisepatu tersebut akan melawati labolatarium untukmenguji kualitas sepatu.apakah sepatu tersebut telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan pembuat sepatu.
Sepatu yang telah lulus uji, akan masuk ke dalam pabrk pengemasan sepatu yang kemudian dimasukan kedalam gudang logistic sepatu atau gudang sepatu.sepatu yang telah dimasukan kedalam gudang merupakan sepatu siap jual, sehingga distributor sepatu siap mengangkut sepatu yang telah dikemas ke retailer (seperti careffour, Gient, dll), took sepatu dan pengecer dan dari ketiga pihak tersebutlah konsumen akhir atau pembeli dapat membeli produk tersebut. Pihak konsumenlah yang menjadi hilir dari supply chain management pada pabrik sepatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar