Selasa, 01 Desember 2009

Tugas telematika pertemuan ke 12




Arti istilah Virtual machine dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Mesin virtual. Mesin penyedia layanan yang bersifat tidak nyata. Biasanya virtual machine ini berjalan dibawah suatu sistem operasi.



Teknologi virtualisasi (virtual machine) saat ini menjadi solusi murah untuk para System Administrator. Dengan virtualisasi, para admin tidak perlu menghabiskan biaya banyak untuk membangun sebuah server. Cukup dengan menggunakan software virtual machine, mereka bisa mempunyai beberapa komputer dalam sebuah komputer, atau disebut komputer virtual.

Beberapa virtual machine yg sudah dicoba, antara lain:
- VMware
- Virtual PC
- qemu / kqemu
- Virtual Box
tidak ada yg bisa digunakan full virtualization. Maksudnya, sistem operasi yg berjalan secara virtual tidak bisa menggunakan resource hardware 100% kecuali Virtual Box.
Ketika menggunakan Virtual Box dari Sun Microsystem, rasanya seperti mempunyai kloning dua komputer yg identik. Video tidak terjadi flicker, sound berbunyi merdu, kecepatan prosesor sama, dan yg paling penting bisa untuk main games.

Akhirnya bisa fokus ke dunia Linux.
Kalo mau main game tinggal dinyalain Virtual Box-nya. :)
Kemudian terakhir yg perlu diingat ketika menggunakan virtual machine adalah 'tambah memori / RAM' komputer, karena akan menyedihkan mempunyai virtual server dengan memori terbatas.








J2ME merupakan sebuah kombinasi yang terbentuk antara sekumpulan interface Java yang sering disebut Java API (Application Programming Interface) dengan JVM (Java Virtual Machine) yang didesain khusus untuk alat (dalam hal ini mobile device).

Java versi lama (Java 1.x) : Kebutuhan pengembangan program belum dipisah dengan eksekusi.
Sun MicroSystem telah mendefinisikan 3 jenis aplikasi Java :
• Java Standard Edition (SE), sebuah standar API untuk merancang aplikasi desktop dan applets dengan bahasa dasar yang mendukung grafis, M/K, keamanan, konektivitas basis data dan jaringan.
• Java Enterprose Edition (EE), sebuah inisiatif API untuk merancang aplikasi server dengan mendukung untuk basis data.
• Java Macro Edition (ME), sebuah API untuk merancang aplikasi yang jalan pada alat kecil seperti telepon genggam, komputer genggam dan pager.
________________________________________

Bagian-bagian J2ME :
a. JVM => sudah diset untuk versi alat kecil (mobile device)
b. Profil => merupakan pengembangan dari konfigurasi
Java Virtual Machine
Java Virtual Machine (JVM) adalah sebuah spesifikasi untuk sebuah komputer abstrak. JVM terdiri dari sebuah kelas pemanggil dan sebuah interpreter Java yang mengeksekusi kode arsitektur netral. Kelas pemanggil memanggil file .class dari kedua program Java dan Java API untuk dieksekusi oleh interpreter Java. Interpreter Java mungkin sebuah perangkat lunak interpreter yang menterjemahkan satu kode byte pada satu waktu, atau mungkin sebuah just-intime (JIT) kompiler yang menurunkan bytecode arsitektur netral kedalam bahasa mesin untuk host computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar